Senin, 07 Maret 2016

Badiyo

Trembesi




Trembesi adalah salah satu jenis pohon peneduh yang tingginya bisa mencapai 40 meter dan diameter batang 4,5 meter. Nama latin pohon Trembesi adalah Albizia Saman (Jack.) Merr. sinonim Samanea saman (Jack.) Merr. Disebut juga pohon Hujan (rain Tree) atau Ki Hujan. Julukan lain untuk pohon ini adalah Saman dan Monkey Pod.

Aslinya pohon ini berasal dari Amerika Selatan. Namun secara natural Trembesi hidup dalam cuaca tropis. Karena itu kini Trembesi tumbuh di daerah tropis termasuk di Indonesia.

Disebut pohon Hujan atau Ki Hujan karena air sering menetes dari tajuknya yang disebabkan kemampuannya menyerap air tanah yang kuat. Daunnya berbentuk bulat sebesar koin sangat sensitif terhadap cahaya.  Daun akan menutup jika cuaca mendung atau gelap.

Salah satu karakteristik pohon Trembesi adalah dahan pohonnya yang tumbuh membentuk seperti payung. Karakteristik tersebut membuat tempat di bawah dan sekitar pohon menjadi teduh. Karena itu Trembesi  cocok ditanam di ruang publik yang sangat luas seperti taman atau halaman sekolah.

Pohon Trembesi juga memiliki kemampuan yang lebih besar dalam menyerap gas karbon dioksida disbanding pohon lain. Menurut Dr. Ir. Endes N. Dahlan, dosen Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor, Trembesi mampu menyerap 28,5 ton gas karon dioksida per tahun. Bandingkan dengan pohon lain yang rata-rata hanya mampu menyerap 1 ton gas CO2 dalam 20 tahun.

Melihat fakta tersebut, Pemerintah dan Djarum Foundation memilih pohon Trembesi  dalam Program Djarum Tress for Life. Pemerintah dan Djarum Foundation bekerja sama dalam program penananam pohon Trembesi yang dimulai tahun 2010. Penanaman pohon Trembesi dilakukan di tepi jalan sepanjang 1.350 km dari Anyer propinsi Banten hingga Banyuwangi, Jawa Timur.

Referensi:
-          id.wikipedia.org
-          Kompas
Sumber foto: baltyra dot com

Badiyo

About Badiyo -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :