Senin, 07 Maret 2016

Badiyo

Beringin




Beringin adalah sebuah tanaman berkayu, berukuran besar dan rindang. Nama latin tanaman beringin adalah Ficus benjamina L. Dalam bahasa Inggris pohon ini disebut Weeping fig atau Benjamin tree. Sedangkan dalam bahasa Jawa disebut sebagai waringin.

Beringin merupakan pohon yang berukuran besar, dengan diameter batangnya bisa mencapai 2 meter lebih dengan tinggi pohon bisa mencapai 25 meter. Pohon ini memiliki akar gantung yang berfungsi untuk menyerap air dan mineral serta membantu pernafasan.

Daunnya tunggal berbentuk lonjong, bunga tunggal keluar dari ketiak daun. Buah beringin berbentuk bulat kecil berwarna hijau saat muda dan kemerahan setelah tua. Beringin berkembang biak dengan stek dan biji. Habitat beringin bisa tumbuh di dataran rendah maupun di dataran tinggi.

Ada beberapa jenis Beringin yang termasuk jenis (Genus) Ficus dari suku (Famili) Moraceae. Selain beringin yang sering kita jumpai pada umumnya (Ficus benjamina), ada juga beringin berdaun loreng (Ficus variegate) dan beringin jengkol yang daunnya sediki lebih lebar dan agak membulat seperti jengkol. Menurut data, di dunia ada ada 850 spesies pohon beringin.

Pohon Beringin sangat akrab dengan budaya asli Indonesia. Pohon besar dan rindang itu biasa selalu ada di alun-alun di depan kantor pemerintahan daerah. Kita tidak tahu persis apakah itu ada kaitannya saat pemerintah Orde Baru menggunakan pohon beringin sebagai lambang partai yang berkuasa saat itu.

Satu hal yang pasti adalah bahwa pohon beringin sangat cocok untuk di tanam di ruang publik yang luas seperti alun-alun dan taman-taman kota. Keberadaannya akan menambah keasrian dan kesejukan.        

Referensi: 
- id.wikipedia.org
- tanaman--herbal.blogspot.co.id
 
 

Badiyo

About Badiyo -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :