Jumat, 04 Maret 2016

Badiyo

Pohon dan Manfaatnya



Pohon adalah salah satu jenis tumbuhan yang batangnya berkayu, berdiri tegak dan memiliki ukuran besar dan tinggi. Pohon dibedakan dari semak yang juga memiliki batang berkayu namun bentuknya jauh lebih kecil. Demikian juga pisang bukan pohon karena tidak memiliki batang sejati yang berkayu. Jenis-jenis mawar hias lebih tepat disebut semak daripada pohon karena batangnya walaupun berkayu tidak berdiri tegak.

Pohon terbagi menjadi dua yaitu: 1. Dikotil adalah pohon berakar tunjang dan berbiji belah dua, contohnya rambutan, manggis, mangga, nangka dan lain-lain. 2. Monokotil adalah pohon yang berakar serabut dan berbiji tunggal, contohnya kelapa, pinang, palem, dan lain-lain.

Pohon merupakan salah satu unsur yang penting dalam kehidupan karena memiliki banyak manfaat dan fungsi. Secara garis besar ada dua fungsi pohon bagi kehidupan manusia yaitu fungsi ekologis dan fungsi ekonomis.

Fungsi ekologis antara lain sebagai penghasil oksigen, menyerap gas karn dioksida, mencegah banjir dan longsor. Fungsi ekonomis yaitu dimanfaatkan oleh manusia untuk diambil buah dan daunnya baik untuk dimakan maupun sebagai bahan obat-obatan. Sedangkan batang kayunya bisa dimanfaatkan sebagai bahan bangunan maupun perkakas atau peralatan rumah tangga.    

Mengingat banyaknya manfaat pohon bagi kelangsungan hidup masnuia, maka keberadaan pohon-pohon di hutan harus dijaga kelestariannya. Apalagi mengingat pohon memiliki nilai ekonomis yang tinggi, maka seringkali manusia memanfaatkannya tanpa mengindahkan keestariannya. 

Bahkan sudah selayaknya pohon wajib ditanam di tepat-tempat terbuka umum, di taman-taman, di pinggir-pinggir jalan dan sebagainya. Betapa sejuk dan nyamannya ketika suasana terik siang hari, kita berteduh di bawah pohon rindang.

Demi pelestarian pepohonan itulah, blog ini saya buat. Selain juga untuk mengenalkan berbagai macam pohon berikut fungsi dan manfaatnya bagi manusia. Mari kita jaga dan lestarikan pohon-pohon yang ada di hutan, maupun di sekitar kita. 

Badiyo

About Badiyo -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :